Monday, October 30, 2017

Tugas 4 Sistem Informasi Geografis

1. Apa itu Data Primer dan Data Sekunder ?

Data Primer
merupakan data yang dapat diperoleh secara langsung dari sumber aslinya. Sedangkan Data Sekunder adalah data yang dapat diperoleh melalui media perantara atau tidak secara langsung.

2. Apa itu data Sampling dan Pendekatan dalam pengambilan sample ?

Sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan cara untuk menentukan sampel yang jumlahnya sesuai dengan ukuran sampel yang akan dijadikan sumber data.

Pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan sampel yaitu :
Simple random sampling (acak sederhana), Sampling ini digunakan jika populasi dianggap homogen berdasarkan kriteria tertentu. Pengambilan unit sampel dari sampling frame dapat dilakukan dengan undian maupun dengan pertolongan bilangan random.
Systematic random sampling (acak sistematis), Pada sampling ini yang dipilih secara acaknya hanyalah nomor sampel urutan pertama, kemudian nomer urutan selanjutnya ditentukan secara sistematik dengan meloncat sebesar kelipatan angka sebesar N/n.
Stratified random sampling (acak berlapis), Sampling ini digunakan jika populasinya heterogen dan setelah ditelaah lebih mendalam, ternyata terdiri atas strata atau lapisan yang homogen.
Cluster atau area random sampling (acak kelompok atau acak area), Sampling ini digunakan jika populasi heterogen, dimana ciri-ciri unit populasi tidak serbasama (tidak homogen), dan terdiri dari kelompok-kelompok. Heterogenitas dalam cluster atau area sama dengan heterogenitas populasinya.

3. Mengapa pengumpulan data sangat penting ?

Dalam GIS, mengumpulkan dapat merupakan salah satu langkah yang penting. Pengumpulan data dilakukan agar lokasi yang didapatkan sesuai dengan koordinat tempat aslinya di permukaan bumi. Karena itulah pengumpulan data merupakan salah satu langkap penting agar GIS sesuai dengan yang diharapknan.

4. Apa itu Geocoding ?

Geocoding merupakan proses konversi dari alamat (seperti "1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA") menjadi koordinat geografis (seperti garis lintang 37,423021 dan garis bujur -122,083739), yang bisa dapat kita gunakan untuk menempatkan tanda pada peta, atau memosisikan peta tersebut.

5. Sebutkan macam-macam metode input data ?

Survei lapangan : dengan pengukuran fisik (land marks), pengambilan sampel (polusi air),  pengumpulan data non-fisik (data sosial, politik, ekonomi dan budaya).
Sensus : dengan pendekatan kuesioner, wawancara dan pengamatan; pengumpulan data secara nasional dan periodik (sensus jumlah penduduk, sensus kepemilikan tanah).
Statistik : merupakan metode pengumpulan data periodik/per-interval-waktu pada stasiun pengamatan dan analisis data geografi tersebut, contoh: data curah hujan.
Tracking : merupakan cara pengumpulan data dalam periode tertentu untuk tujuan pemantauan atau pengamatan perubahan, contoh: kebakaran hutan, gunung meletus, debit air sungai.
Penginderaan jarak jauh (inderaja): merupakan ilmu dan seni untuk mendapatkan informasi suatu obyek, wilayah atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dari sensor pengamat tanpa harus kontak langsung dengan obyek, wilayah atau fenomena yang diamati (Lillesand & Kiefer, 1994).

6. Apa Saja Alat Pengumpulan Data ?

GPS adalah sistem navigasi yang menggunakan satelit yang didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun.
Google Map adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.
ArcGIS (ArcMap) adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web.
Next
This is the most recent post.
Older Post
Scroll to Top